• 0728-21345
  • 25 Oct 20 20:22 PM

PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan perhatian utama pemerintah baik pusat maupun daerah sebagai upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia dan kesejahteraan masyarakat. demikian juga pemerintah kabupaten lampung barat senantiasa terus berupaya meningkatkan pendidikan masyarakat. oleh karena itu dapat dilakukan pembangunan maupun perbaikan sarana/prasarana pendidikan, serta program peningkatan mutu pendidikan seperti sleksi guru,kepala sekolah dan pegawai berperestasi,pelaksanaan diklat maupun bimtek baik untuk guru,kepala sekolah maupun pengawas sekolah. 

selain itu dalam rangka mewujudkan lampung barat hebat,pemerintah kabupaten kembali melakukan inovasi daerah yakni dengan pencanangan kabupaten lampung barat sebagai kabupaten literasi.pencannagan ini dilakukan bertepatan pada peringatan hari pendidikan nasional rabu 1-2 mei 2018 di GOR AJI SAKA Kawasan sekuting terpadu.

gerakan membaca dan menulis merupakan variabel penting yang wajib dilaksanakan, untuk menjadikan lampung barat sebagai kabupaten literasi. mencerdaskan kehidupan bangsa pemerintah kabupaten lampung barat melalui dinas pendidikan lambar mencannagkan literasi daerah tingkat SD negeri dan SMP. beberapa sekolah sudah berkomitmen mewujudkan literasi sekolah ini melalui  pemanfaatan sudut baca disekolah disekolah merekan serta pembangunan sudut baca diseluruh pekon lampung barat. 

bentuk komitmen pemerintah kabupaten lampung barat terhadap program literasi inijuga mewujudkan dengan membagikan buku gratis kepada peserta didik tingkat SD sampai mdengan SMP di kabupaten lampung barat. selanjutnya pemerintah kabupaten lampung barat juga membentuk payung hukum dari program literasi bebentuk peraturan bupati (PERBUP) yang akan mengatur tata kelola secara menyeluruh terkait dengan lampung barat sebagai kabupaten literasi.

untuk diketahui jumlah sekolah yang adea dikabupaten lampung barat ( Sumber SIPD dinas pendidikan tahun 2016) sebagai berikut:

-Pendidikan anak usia dini:160 unit

-Sekolah dasar (SD):210 Unit

-Madrasah ibtiyah:33 unit

-Sekolah menegah pertama (SMP):55 Unit

-Madrasah Tsanawiyah (MTS):20 unit

-Sekolah menengah umum(SMU):17 unit

-Sekolah menegah kejuruan (SMK:5 unit

-Madrasah aliyah (MA):11 unit

Dengan Jumlah sekolah yang ada saat ini diharapkan program kabupaten lampung barat sebagai kabupaten literasi akan lebih mudah terwujud