• 0728-21345
  • 18 Sep 20 17:07 PM

DESTINASI WISATA

Kabupaten lampung barat dikarunia alam yang subur dan indah.hal tersebut menjadikan kabupaten lampung barat sebagai salah satu daerah tujuan wisata  (DTW) di provimsi lampung.ini dapat dilihat dari banyaknya wisatawan mancanegara maupun nusantara yang datang berkunjung untuk menikmati berbagai objek wisata di lampung  barat, dianataranya danau ranau, pegunungan, wisata alam dan juga wisata petualangan.

1. KEBUN RAYA LIWA (KRL)

Sebga salah satu langkah untuk memantapkan kabupaten lampung barat sebagai kabupaten konservasi pemerintah kabupaten lampung barat telah melounchingkan kebun raya liwa. kebun raya liwa terletak dipekon kubu perahu kecamatan balik bulit kabupaten lampung barat, dibangun di areal seluas 86.68 ha pada ketinggian 830-945 mdpl dari permukaan laut. denga kondisi ini kawasan kebun raya liwa memiliki iklim denga suhu sejuk seperti kebun raya cibodas dan kebun raya bali, denga kondisi topografi yang berbukit-bukit memberikan pemandangan kebun raya liwa yang indah,dilatar belakangi bukit dari taman nasional bukit barisan selatan.tema kebun raya liwa adalah tanaman hias dan representasi flora sumatera bagian selatan khususnya taman nasional bukit barisan selatan.kebun raya liwa pada saat ini sudah menjadi objek penelitian,studi keanekaragaman tumbuhan,pengenalan lingkungan dan pusat pembelajaran.alam yang indah berlatar belakang bukit barisan selatan,udara yang sejuk dan berbagai fasilitas pendukung yang dibangun di kebun raya liwa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lampung barat dan luar lampung barat.ditambah lagi dengan lokasi kebun raya liwa yang berada di ibukota kabupaten,sehingga mempermudah wisatawan untuk menjangkau lokasi tersebut.

 

FASILITAS KEBUN RAYA LIWA (KRL)

Rumah jaga,toilet,mushola,instalasi air,pembukaan lahan 10 ha.kedai kopi plaza pelayanan,gazebo,kolam hati,taman tematik 2 area,rumah paranet 3 unit,peralatan lapangan,peralatan kantor,zona penerimaan (welcom area,parking area,pintu gerbang),jalan lingkung dari pintu gerbang sampai ke kantor pengelola.selain itu KRL juga telah memiliki 5 taman tematik,yaitu : taman tematik araceae,taman tematik hias taman tematik area engan total luas lebih kurang 11,7 ha,>2000 spesimentanaman. KRL juga telah memiliki 6 blok kebun koleksi .lokasi blik 1 2 3 4 5 dan 6 berada ditempat di belakang rumah dinas bupati sementara blok empat berada di samping rumah paranet/berdampingan taman aracea.jumlah koleksi 2382 spesimen tercangkup ke dalam 294 jenis 184 marga dan 60 suku denagn 712 spesimen.adapun untuk memenuhi kebutuhan koleksi kebun raya liwa telah didirikan rumah paranet/sungkup,yaitu ,yaitu : 2 rumah paranet pembibitan : 221 spesimen,1 rumah paranet anggrek : 69 marga,207 jenis dan 715 spesimen 3 rumah paranet piper/ sirih-sirian :46 spesimen,2 rumah sungkup :1.137 spesimen (hasil eksplorasi 2017 sd bulan agustus).luas total rumah paranet/sumhkup 432 m2.

2. DANAU SUOH

Wisata alam ini menjanjikan destinasi wisata yang memacu adrenalin bagi pecipta wisata adventur. disini terdapat 4 buah danau yang merupakan bagian dari proses vulkanisme tektonik yaitu danau lebar, danau belibis, danau minyak dan danau asam tiga warna. kawasan sekitar danau terdapat sumber bumu yang menambah keunikan dan keistimewaan lokasi

3. KAWASAN WISATA TERPADU LUMBOK RANAU

keindahan danau dipekon lombok kecamatan lumbok seminung memang menabjubkan, demikian diungkapkan berbagai kalangan yang pernah berkunjung kelumbok. disini kita akan menyaksikan hamparan biru dabau dengan latar belakang gunung seminung yang menjulang tinggi dan perbukitan hijau. wisatawan juga bisa menikmati kehangatan air panas di kaki gunung seminung, berenang, berperahu sambil memancing, dan berpiknik bersama keluarga . untuk memanjakan wisatawan, pemerintah kabupaten lampung barat telah membangun berbagai sarana seperti cottage dengan kolam renang hotel standar bintang 3 dengan 16 kamar, lumbok ranau juga tedapat desa "Mupadu". disini kita dapat menikmati aktifitas keseharian masyarakat yang tidak pernah lepas dari danau ranau.