• 0728-21345
  • 28 Oct 20 00:21 AM

DESTINASI WISATA

Kabupaten lampung barat dikarunia alam yang subur dan indah.hal tersebut menjadikan kabupaten lampung barat sebagai salah satu daerah tujuan wisata  (DTW) di provimsi lampung.ini dapat dilihat dari banyaknya wisatawan mancanegara maupun nusantara yang datang berkunjung untuk menikmati berbagai objek wisata di lampung  barat, dianataranya danau ranau, pegunungan, wisata alam dan juga wisata petualangan.

1. KEBUN RAYA LIWA (KRL)

Sebga salah satu langkah untuk memantapkan kabupaten lampung barat sebagai kabupaten konservasi pemerintah kabupaten lampung barat telah melounchingkan kebun raya liwa. kebun raya liwa terletak dipekon kubu perahu kecamatan balik bulit kabupaten lampung barat, dibangun di areal seluas 86.68 ha pada ketinggian 830-945 mdpl dari permukaan laut. denga kondisi ini kawasan kebun raya liwa memiliki iklim denga suhu sejuk seperti kebun raya cibodas dan kebun raya bali, denga kondisi topografi yang berbukit-bukit memberikan pemandangan kebun raya liwa yang indah,dilatar belakangi bukit dari taman nasional bukit barisan selatan.tema kebun raya liwa adalah tanaman hias dan representasi flora sumatera bagian selatan khususnya taman nasional bukit barisan selatan.kebun raya liwa pada saat ini sudah menjadi objek penelitian,studi keanekaragaman tumbuhan,pengenalan lingkungan dan pusat pembelajaran.alam yang indah berlatar belakang bukit barisan selatan,udara yang sejuk dan berbagai fasilitas pendukung yang dibangun di kebun raya liwa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lampung barat dan luar lampung barat.ditambah lagi dengan lokasi kebun raya liwa yang berada di ibukota kabupaten,sehingga mempermudah wisatawan untuk menjangkau lokasi tersebut.

 

FASILITAS KEBUN RAYA LIWA (KRL)

Rumah jaga,toilet,mushola,instalasi air,pembukaan lahan 10 ha.kedai kopi plaza pelayanan,gazebo,kolam hati,taman tematik 2 area,rumah paranet 3 unit,peralatan lapangan,peralatan kantor,zona penerimaan (welcom area,parking area,pintu gerbang),jalan lingkung dari pintu gerbang sampai ke kantor pengelola.selain itu KRL juga telah memiliki 5 taman tematik,yaitu : taman tematik araceae,taman tematik hias taman tematik area engan total luas lebih kurang 11,7 ha,>2000 spesimentanaman. KRL juga telah memiliki 6 blok kebun koleksi .lokasi blik 1 2 3 4 5 dan 6 berada ditempat di belakang rumah dinas bupati sementara blok empat berada di samping rumah paranet/berdampingan taman aracea.jumlah koleksi 2382 spesimen tercangkup ke dalam 294 jenis 184 marga dan 60 suku denagn 712 spesimen.adapun untuk memenuhi kebutuhan koleksi kebun raya liwa telah didirikan rumah paranet/sungkup,yaitu ,yaitu : 2 rumah paranet pembibitan : 221 spesimen,1 rumah paranet anggrek : 69 marga,207 jenis dan 715 spesimen 3 rumah paranet piper/ sirih-sirian :46 spesimen,2 rumah sungkup :1.137 spesimen (hasil eksplorasi 2017 sd bulan agustus).luas total rumah paranet/sumhkup 432 m2.

2. DANAU SUOH

Wisata alam ini menjanjikan destinasi wisata yang memacu adrenalin bagi pecipta wisata adventur. disini terdapat 4 buah danau yang merupakan bagian dari proses vulkanisme tektonik yaitu danau lebar, danau belibis, danau minyak dan danau asam tiga warna. kawasan sekitar danau terdapat sumber bumu yang menambah keunikan dan keistimewaan lokasi

3. KAWASAN WISATA TERPADU LUMBOK RANAU

keindahan danau dipekon lombok kecamatan lumbok seminung memang menabjubkan, demikian diungkapkan berbagai kalangan yang pernah berkunjung kelumbok. disini kita akan menyaksikan hamparan biru dabau dengan latar belakang gunung seminung yang menjulang tinggi dan perbukitan hijau. wisatawan juga bisa menikmati kehangatan air panas di kaki gunung seminung, berenang, berperahu sambil memancing, dan berpiknik bersama keluarga . untuk memanjakan wisatawan, pemerintah kabupaten lampung barat telah membangun berbagai sarana seperti cottage dengan kolam renang hotel standar bintang 3 dengan 16 kamar, lumbok ranau juga tedapat desa "Mupadu". disini kita dapat menikmati aktifitas keseharian masyarakat yang tidak pernah lepas dari danau ranau.

4. WISATA ALAM KUBUPERAHU

Lampung Barat memang ridak pernah habis. satu lagi lokasi petualang alam yang sangat menantang, yakni wisata alam kubu perahu di kecamatan balik bukit. disini wisatawan dapat menikmati rimbun pohon-pohon besar hutan taman bukit barisan selatan (TNBBS). wisatawan dapat menikmati aliran sungai yang jernih disepanjang perjalanan menapaki hutan kawasan TNBBS. selain itu wisatawan juga dapat menikmati air terjun sepapa kiri yang begitu jernih dan indah.

5. ARUNG JERAM WAY BESAI

Bagi masyarakat yang gemar olahraga arung jeram (rafting), Lampung Barat memilki sungai/way besai. di sungai ini wisatawan dapat dinikmati lintasan jeram grade III denag jarak tempuh 3 km yang memberikan kenikmatan tersendiri bagi wisatawan tersendiri bagi wistawan yang menyukai kegiatan petualangan. pengarunagan di mulai dari shelter way besai yang terletak di pekon sukajaya kecamatan sumberjaya.

6. WISATA BUDAYA PEKON HUJUNG

Pekon/desa hujung berada di kecamatan belalau. dipenuhi bangunan ciri khas lampung barat yaitu rumah sabukh (Rumah Tap sabut). Mayoritas rumah sabukh terbuat dari dinding bambu yang juga. pekon hujung terlatak dikaki gunung pesagi yang merupakan gunugn tertinggi tinggi dilampung . dimana gunung ini dijadikan sebagai wanawissta atau wista alam. wisatwan selain berpetualang melakukan pendakian  dapat melihat keindahan alam  dari tinggi gunung.

7. SITUS MEGALITIK BATU BEKHAK

Lampung Barat memilki suatu situs peninggalan sejarah pada masa lampau. yang mana diketahui merupakan salah satu dari situs megalitkum, yaitu situs megamilitik batu brak. situs ini merupakan salah satu tjuh situs megalatik yang berada dikecamatan kebun tebu lampung barat. situs megalitik batu bekhak ini pertama kali diketemukan pada tahun 1951 oleh BRN (Badan Rekontruksi Nasional). berdasarkan hasil penelitian, dismpulkan bahwa situs megalitik batu bekhak ini dahulu dipakai sebagai tempat pemujaan, bukan temapt pemakaman pada zaman anisme. sejak tahun 1989, komplek situs megalitik batu bekhak ini  mulai dubuka untuk umum baik untuk wisata maupun untuk wisata nauoun untuk keperluan peneliti (Sumber : https://purawiwitan.wordpress.com/2012/08/07situs-megalitik-batu-berak/)

8. PESTA BUDAYA SEKURA CAKAK BUAH 

Pesta sekura merupakan pesta topeng yang diadakan tiga hari setelah hari raya idul fitri, dimulau sejak jam 09.00 hingga berakhir pada sore hari. keunikan dari pesta sekura ini adalah  acara panjat pianag yang berhadiah berabagai barang yang digantung di puncak batang pianang, para pemanjat terdiri atas beberapa orang pria (Kelompok), dan para pemanjat tersebut memakai topeng serta dengan berbagai buasana yang unik, bahkan ada diantara nya yang memakai pakaian wisata wanita. pesta ini dilaksanakan di pekon kenali, canggu, bedudu, kota agung sampai kembahang.

9. FESTIVAL SEKALA BEKHAK

Festival sekala berak merupan event kepariwistawan termegah yang diselenggrakan setiap tahun oleh kabupaten lampung barat. didalam event festival sekala bekhak ini  diadakan perlombaan buadaya dan olahraga antara lain pawai budaya, arung jeram, atraksi topeng sekura dan lomna adat tradisonal.

10. BUKIT BAWANG BAKUNG/GERDAI

Kabupaten lampung barat yang kaya akan pemandangan indah na menabjukan dari puncak-puncak ketinggia. salah satu bukit bawang bakung, dari puncak ini kita bisa meyaksikan kabut laksana awan memayung kota liwa dengan sekitar dengan latar belakang gunugn pesagi. bagi pecipta fotografi spot ini merupakan spot favorit untuk mengabdikan tebal nya kabut dilampung barat. para pebgunjung datang pagi-pagi sekali untuk menyaksikan matahari terbit dan kabut berlahan naik. 

11. TUGU MULI BATIN REST AREA SUMBER JAYA

Kawsan ini cocomk melepaskan lelah setelah perjalanan dari atau menuju bandar lampung, kawsan ini terteltak dikecamatan sumberjaya. dari area ini kita dapat menikmati gagahnya tugu muli batin dan hijaunya hamparan perkebunan kopi. selain itu pengunjung jugs dspst berfoto dengan latar belakang tugu muli batin. tepat direst area ini terdapat masjid yang megah, represtatif dan berarsitektur indah bernama masjid jami' aminatul jannah.

12. DESTANASI WISTA LAINNYA

Selain destinasi wisata diatas, dikabputen juga terdapat spot-spot yang menarik untuk dikunjungi dan berfoto, diantara : tugu soekarno sumberdaya, tugu adipura/tugu kopi sekuting, komplek sekuting terpadu/ islamic center . taman kota hamtebiu dan masih banyak lagi.