• 0728-21345
  • 18 Sep 20 17:53 PM

Wisata

Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu Daerah Tujuan Wisata( DTW ) di Provinsi Lampung. Ini dapat dilihat dari banyaknya Wisatawan Mancanegara maupun Nusantara yang datang berkunjung untuk menikmati berbagai objek wisata di Lampung Barat, diantaranya danau, pegunungan, wisata alam dan juga wisata petualangan.

Kawasan Wisata Terpadu Lumbok Ranau

Keindahan Danau Ranau di Pekon Lombok Kecamatan Lumbok Seminung memang menakjubkan, demikian diungkapkan berbagai kalangan yang pernah berkunjung ke Lumbok. Disini kita bisa menyaksikan hamparan biru danau dengan latar belakang Gunung Seminung yang menjulang tinggi dan perbukitan hijau. Wisatawan juga bisa menikmati kehangatan air panas di kaki Gunung Seminung, berenang, berperahu sambil memancing, dan berpiknik bersama keluarga. Untuk memanjakan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah membangun berbagai sarana seperti cottage dengan kolam renang hotel standar bintang tiga dengan 16 kamar, restoran dan convention hall dengan kapasitas 30 orang lantai dasar dan 400 orang lantai atas.

Di Lumbok Ranau juga terdapat Desa Wisata “ Mupadu”. Di sini kita dapat menikmati aktifitas keseharian masyarakat yang tidak pernah lepas dari Danau Ranau. Di Pekon ( Desa ) Lumbok yang berjarak ± 30 KM dari ibukota Kabupaten Lampung Barat Liwa ini, pengelola kawasan menyediakan home stay di rumah tradisional penduduk setempat dan Pondok Wisata dengan harga terjangkau. Bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya kuliner khas Ranau seperti gulai taboh, dan ikan bakar, anda bisa mencicipi di beberapa Rumah Makan, seperti RM Tepi Ranau, RM Dendi dan RM Gayun.

Wisata Alam Pekon Hujung

Pekon/Desa Hujung berada di Kecamatan Belalau. Dipenuhi bangunan ciri khas Lampung Barat yaitu  rumah Sabukh (Rumah Atap sabut).

Mayoritas rumah Sabukh terbuat dari dinding bambu yang di sebut masyarakat sekitar dengan khesi, tidak hanya dinding, lantai rumah mereka juga terbuat dari bambu juga. Luas bangunan rumah tua tersebut mencapai 5,5 x 10 meter yang terdapat dua sampai tiga kamar tidur, sedangkan luas ruangan sisa di pakai sebagai tempat pertemuan dan dapur, disini juga terdapat home stay yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pekon Hujung terletak di kaki Gunung Pesagi yang merupakan gunung tertinggi di Lampung. Dimana gunung ini dijadikan sebagai wanawisata atau wisata alam. Wisatawan selain berpetualang melakukan pendakian dapat melihat keindahan alam dari ketinggian gunung

Wisata Alam Kubu Perahu

Lampung Barat memang tidak pernah habis. Satu lagi lokasi petualangan alam yang sangat menantang, yakni wisata alam Kubu Perahu di Kecamatan Balik Bukit. Disini wisatawan dapat menikmati rimbunnya pohon-pohon besar hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ( TNBBS ). Wisatawan dapat menikmati aliran sungai yang jernih di sepanjang perjalanan menapaki hutan kawasan TNBBS. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati air terjun sepapa kiri yang begitu jernih dan indah.

Arung Jeram

Bagian anda yang gemar olahraga arung jeram ( rafting ), Lampung Barat memiliki Sungai/Way Besai. Di sungai ini wisatawan dapat menikmati lintasan jeram grade III dengan jarak tempuh 3 km yang memberikan kenikmatan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai kegiatan petualangan. Pengarungan dimulai dari shelter Way Besai yang terletak di pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya.

 POTENSI KESENIAN

Pesta Budaya Sekura Cakak Buah

Pesta sekura merupakan pesta topeng yang diadakan tiga hari setelah Hari Raya Idul Fitri, dimulai sejak jam 09.00 hingga berakhir pada sore hari. Keunikan dari pesta Sekura ini adalah acara panjat pinang yang berhadiahkan berbagai barang yang digantung di puncak batang pinang, para pemanjatnya terdiri atas beberapa orang pria ( kelompok ), dan para pemanjat tersebut memakai topeng serta dengan berbagai busana yang unik, bahkan ada diantaranya yang memakai pakaian wanita. Pesta ini dilaksanakan di pekon Kenali, Canggu, Bedudu, Padang Dalom, Kota Agung sampai Kembahang. Masyarakat Pekon lain pun mendatangi Pekon penyelenggara pesta dengan menggunakan topeng dan diiringi music tabuhan gong dan rebana.

Festival Skala Bghak

Merupakan event kepariwisataan termegah yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kabupaten lampung Barat. Didalam event Festival Skala Beghak ini diadakan perlombaan budaya dan olahraga antara lain Pawai Budaya, Arung Jeram, kebut gunung pesagi, atraksi topeng sekura dan Lomba Tarian Adat Tradisional.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 704708
Pengunjung Hari Ini : 948
Kemarin : 1373
Minggu Ini : 11579
Minggu Kemarin : 8092
Bulan Ini : 23073
Bulan Kemarin : 33467