• 0728-21345
  • 20 Jan 22 03:31 AM

Peringati HUT Kebun Raya Liwa Ke-4, Pemkab Lambar Selenggarakan Rangkaian Kegiatan Termasuk Gowes Bersama

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kebun Raya Liwa (KRL) ke-4 tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) melalui Dinas Lingkungan Hidup menyelengarakan berbagai rangakaian kegiatan termasuk gowes bersama yang diikuti sekitar 500 peserta dari Lampung Barat, Lampung Utara dan Lampung Timur, Minggu (5/12/2021).

Funbike (sepeda ria) itu diselenggarakan Liwa Goweser Club (LGC) bersama Dinas Lingkungan Hidup Lampung Barat dengan tema "pupuk kecintaan pada alam, untuk masa depan lingkungan hidup yang berkelanjutan" sebagai upaya nyata mewujudkan komitmen Lampung Barat sebagai kabupaten konservasi

Pelepasan gowes ditandai pengibaran bendera start oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, dan start gowes dimulai dari di jalur dua depan Kantor Bupati Pemkab Lambar dan finish di Kebun Raya Liwa, Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit.

Selain memperingati HUT KRL ke-4, funbike yang diselenggarakan itu juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Konservasi Alam Nasional, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, dan acara tersebut dimeriahkan oleh anak-anak PAUD, TK dan SD yang melakukan lomba mewarnai dan kolase.

Kemeriahan acara itu bertambah lagi saat dilakukan pembagian puluhan doorprize sepeda dan doorprize-doorprize lainnya yang dibagikan kepada para peserta gowes yang beruntung.

Pada kesempatan itu, sekaligus dilakukan peresmian Pojok Baca Digital (Pojadi) bertempat di dalam gedung Kebun Raya Liwa yang ditandai pemotongan pita oleh Ketua Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, dan disaksikan langsung Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Assisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat.

Pojadi tersebut merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan pojadi itu adalah wujud pelayanan publik bidang perpustakaan.

Melalui sambutannya, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus) mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara kegiatan dan pihak sponsor yang telah mendukung suksesnya acara tersebut.

"Saya ucapkan terimakaiah kepada pihak panitia penyelengara dan kepada pihak sponsor, dimana pada tahun ini kita mendapatkan kehormatan dari teman-teman GGS, dari teman-teman Dino yang sama mengartikan pentingnya pemahaman terkait dengan konservasi," ungkap Pak Cik, sapaan akrab bupati di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Parosil menuturkan, konservasi isinya begitu luas, bukan hanya bicara masalah menanam pohon atau menanam kayu saja, akan tetapi pada intinya adalah mencintai apa yang ada di muka bumi ini, baik itu binatang, tumbuh-tumbuhan termasuk ekositem yang lainnya, dan tidak kalah pentingnya adalah kebersihan.

"Saya memberikan apresiasi mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini, sepeda santai dan kegiatan-kegiatan lainnya akan terpupuk rasa kecintaan, rasa kepedulian dan rasa ikut keprihatinan daripada seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Barat," paparnya.

"Dengan adanya kegiatan tersebut  mari tanamkan rasa kecintaan kita terhadap lingkungan kita dan mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini akan menumbuhkan kesehatan jasmani dan rohani kita," imbuhnya.

Selanjutnya setelah diresmikannya pojok baca digital, Parosil berharap akan memudahkan masyarakat terutama kaum millenial untuk mengakses informasi yang lebih terbuka, termasuk juga mengakses informasi yang lebih cepat.

"Karena yang namanya digital ini sudah menjadi keharusan, sudah menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi, dipelajari dan digenggam oleh para kaum-kaum millenial," jelasnya.

"Jadi kali ke sini bukan hanya sekedar selfi atau berfoto-foto, tetapi manfaatkan pojok baca digital yang sudah disiapkan oleh Pemkab Lampung Barat untuk menambah pengetahuan, wawasan daripada anak-anak ku semua yang ada di Lampung Barat untuk meraih apa yang dicita-citakan," tambahnya.

Terakhir ia menyampaikan terimakasih kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lampung Barat yang pada kesempatan itu menerima penghargaan terkait dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan.

"Mudah-mudahan dapat dipertahankan dan akan menjadi motivasi bagi dinas lain yang mungkin tahun ini belum mendapatkan apresiasi dari pemerintah," pungkasnya.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Menghadiri perencanaan gerakan pangan mandiri

Hari/Tanggal : Selasa... (17 November 2020)

Menghadiri acara HKN, Peresmian gedung PSC

Hari/Tanggal : Kamis... (12 November 2020)

Persentasi Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Pembukaan Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Menerima Time Audit BPK

... (02 November 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 1383198
Pengunjung Hari Ini : 147
Kemarin : 1487
Minggu Ini : 9306
Minggu Kemarin : 8498
Bulan Ini : 23866
Bulan Kemarin : 0