• 0728-21345
  • 29 Sep 21 05:16 AM

Pemkab Lambar Mulai Operasikan KIR

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemda) Lampung Barat melalui Dinas Perhubungan  mulai mengoperasikan alat uji kendaraan bermotor (KIR) sejak Senin (19/7/2021).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Barat (Lambar), Raswan, melalui Kabid Angkutan dan Keselamatan Lalu Lintas, Tamrin, Rabu (21/7).

Ia menghimbau masyarakat yang akan melakukan uji KIR, agar dapat langsung datang ke kantor yang berada di Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit.

“Alat uji KIR sudah mulai beroperasi jadi bagi masyarakat yang akan melakukan uji KIR silahkan datang ke kantor kita yang ada di daerah Penataran Pekon Wates Kecamatan Balikbukit,” ungkapnya.

Diketahui, alat uji KIR yang telah dipasang yaitu Brake Tester (alat uji rem), Head Light Tester (alat uji lampu), Smoke Tester (alat uji ketebalan asap untuk kendaraan bahan bakar solar) serta Cohc (alat uji emisi gas buang untuk kendaraan bahan bakar bensin). 

Tamrin menerangkan, untuk saat ini pelayanan alat uji KIR di Kabupaten Lambar masih berakreditasi C, akan tetapi pada tahun 2022 mendatang, pihaknya akan mengusulkan untuk peningkatan status akreditasi menjadi B.

"Dan kita akan melengkapi peralatan seperti alat timbang, alat ketebalan kaca, alat kincop ban,” paparnya.

Selanjutnya Tamrin mengutarakan, jika pelayanan KIR tersebut belum menggunakan Smart Card atau kartu uji, tetapi masih menggunakan SUKSES (Surat Uji Kendaraan Elektronik Sementara), selain di Kabupaten Lambar SUKSES juga bisa digunakan di kabupaten lainnya yang belum mempunyai kartu uji, namun fungsinya sama dengan kartu uji.

Dengan telah beroperasinya alat uji KIR tersebut, lanjut dia, pihaknya akan mulai melakukan penarikan untuk retribusi KIR dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dimana untuk tahun ini, PAD dari retribusi KIR ditarget sebesar Rp50 juta. 

“Kita akan berusaha agar target PAD dari retribusi KIR tersebut dapat terealisasi sesuai dengan target sebelum akhir tahun 2021, dan berapapun yang kita dapat hasilnya akan kita setorkan ke kas daerah,” kata dia.

Tamrin juga menambahan, adapun kendaraan yang dilakukan uji KIR yaitu angkutan barang, angkutan penumpang dan angkutan umum. Sementara untuk biaya pembuatan KIR bagi yang masih baru dikenakan biaya Rp110 ribu sedangkan untuk perpanjangan hanya Rp85.000. 

“Untuk pengujian KIR ini tidak mesti harus dilakukan di daerah asal (sesuai plat kendaraan) tapi bisa juga dilaksanakan di kabupaten lain namun harus ada surat rekomendasi dari daerah asal,” tutupnya.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Menghadiri perencanaan gerakan pangan mandiri

Hari/Tanggal : Selasa... (17 November 2020)

Menghadiri acara HKN, Peresmian gedung PSC

Hari/Tanggal : Kamis... (12 November 2020)

Persentasi Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Pembukaan Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Menerima Time Audit BPK

... (02 November 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 1169039
Pengunjung Hari Ini : 228
Kemarin : 2288
Minggu Ini : 14139
Minggu Kemarin : 12877
Bulan Ini : 63186
Bulan Kemarin : 57942