• 0728-21345
  • 13 Aug 20 03:50 AM

Majukan Sektor Pariwisata Pemkab Lambar Adakan Pelatihan

Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) Melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menyelenggarakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kabupaten Lampung Barat Tahun 2020 yang diikuti sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari 21 orang peserta dari Pokdarwis dan sisanya merupakan calon pengurus desa wisata kelembagaan yang belum memiliki kelompok.

Pelatihan yang dilaksanakan di Wisma Sindalapai Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit ini dibuka langsung Bupati Lampung Barat yang diwakili Assisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Nata Djudin Amran serta dihadiri Kepala (Disporapar) Tri Umaryani S.P, M.Si., dan dinarasumberi oleh salah satu dosen Universitas Lampung (Unila) Ibu Eli. Selasa, (21/07/2020).

Dalam sambutannya Assisten III Bidang Administrasi Umum mewakili Bupati Lampung Barat mengatakan bahwa pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat, sehingga membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat setempat dan sekitarnya. bahkan pariwisata mempunyai kekuatan yang luar biasa dan mampu membuat masyarakat setempat mengalami perubahan dalam berbagai aspeknya.

"Sektor pariwisata bukan sekedar memberikan keuntungan bagi pelaku-pelaku bidang pariwisata melainkan juga memberikan keuntungan sektor-sektor lain di luar pariwisata,". Ucapnya.

Selanjutnya, pengembangan pariwisata ini dapat memberikan manfaat ekonomi yang maksimal bagi masyarakat, sektor swasta, dan pemerintah daerah, serta juga mampu memberi pengalaman yang bernilai bagi wisatawan, menjamin kelestarian lingkungan alam, kelestarian sosial budaya dan adat istiadat masyarakat maka dalam pelaksanaannya dibutuhkan strategi yang terencana dan sistematis dalam pengelolaan di sebuah destinasi. Sehingganya kabupaten lampung barat dapat dikelola secara lebih produktif untuk meningkatkan perekonomian wilayah, dengan demikian dibutuhkan pengelolaan yang lebih profesional untuk mendapatkan nilai lebih dari pembangunan pariwisata,". Lanjutnya.

Hal itu ditujukan dalam rangka memadupadankan berbagai potensi yang ada di kawasan destinasi tersebut serta dibutuhkan tata kelola yang tepat. Untuk itulah kemudian, manajemen pengorganisasian terhadap sebuah destinasi pariwisata menjadi suatu keharusan, bukan sebagai bentuk implementasi dari perencanaan semata, melainkan suatu tata kelola yang berkelanjutan dengan melibatkan berbagai pihak, khususnya masyarakat lokal.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan tata kelola destinasi pariwisata tahun 2020, ini destinasi pariwisata yang ada dilampung barat bisa tertata dengan baik dan berdaya saing,". Tutupnya.

Sementara itu Kepala Disporapar Tri Umaryani S.P, M.Si., mengatakan Pelatihan Ini dilaksanakan selama 3 hari dari 21-23 Juli, kemudian seluruh peserta pelatihan akan melakukan kunjungan di lapangan secara langsung yang bertempat di kampung kopi Pekon Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam untuk diajak melihat langsung potensi wisata yang sudah dikelola, dengan harapan seluruh peserta pelatihan semakin memahami cara mengelola destinasi wisata yang ada di Lampung barat khususnya.

Mengingat, destinasi wisata yang ada di Lampung Barat mencapai 77 destinasi dan 22 diantaranya sudah dikelola oleh Pokdarwis.

"Harapannya maka seluruh kelompok sadar akan wisata dan semakin memahami dalam mengelola destinasi wisata yang saat ini menjadi pembicaraan kelompok wisata di berbagai daerah,". Tegasnya.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 662113
Pengunjung Hari Ini : 103
Kemarin : 967
Minggu Ini : 7907
Minggu Kemarin : 8184
Bulan Ini : 13945
Bulan Kemarin : 29396