• 0728-21345
  • 10 Jul 20 05:53 AM

Festival Skala Brak V di Buka Oleh Bupati

Lampung Barat. Selasa,10 Juli 2018. Kegiatan Festival Skala Brak V  tahun 2018 kini berbeda di tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini pembukaan kegiatan hippun adat di buka di Pekon Kenali (10/07/2018) oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus. Kegiatan Hippun adat atau musyawarah adat kerajaan adat paksi Pak Sekala Brak dihadiri oleh empat kepaksian dan juga dihadiri oleh Bapak Bupati, Wakil Bupati, Bapak Ketua DPRD beserta Anggota DPRD , Forkopinda , Bapak Kapolres, Bapak Kajari, Bapak Kasdim, Bapak Ketua Pengadilan, Ketua tim penggerak PKK beserta anggota , Ketua Ikatan DPRD ,Ketua Dharma Wanita ,Para Kepala OPD, Para Camat, Para Peratin dan Ketua Lembaga Hippun Pemekonan.

Acara Hippun adat yang menjadi bagian dari rangkaian festival skala brak V tahun 2018 yang digelar oleh pemerintah daerah tersebut merupakan untuk melestarikan dan memperkokoh sekaligus juga memperkuat adat istiadat yang  ada di kabupaten Lampung Barat serta sebagai wadah untuk menyerap aspirasi dan masukan masyarakat adat mengenai usulan untuk pembangunan pemerintah daerah.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus berkata, sungguh hari ini merupakan hari sejarah bagi kita semua bagi masyarakat Lampung Barat, bukan hanya bagi bupati, bukan hanya bagi pemerintah daerah , bukan hanya bagian dari adat istiadat , tetapi kegiatan hari ini merupakan sejarah tersendiri dan merupakan harapan daripada kita semua. Sehingga doa yang paling diharapkan pada acara ini mudah-mudahan silaturahmi kita pada siang hari ini akan mendapatkan barokah dari allah swt terang “ parosil”.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut atas nama pemerintah daerah tentunya  bapak bupati beserta staff  dan jajaran menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada puniat yang dalom beliau sultan junjungan sakti wan firmansyah beserta minak muakhi    se unyin ni Alhamdulillah sudah mufakat dan sudah direpotkan dalam rangka menyambut ,menyongsong, memeriahkan daripada kegiatan festival skalabrak yang ke V .

Kami yakin atas nama pemerintah dan apa yang kami siapkan tidaklah cukup untuk semeriah kegiatan kita pada kesempatan ini, tetapi kuncinya kebersamaan minak muakhi unyin ni yang di mulai dengan gotong royong,” kata parosil” .

Kemudian Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menambahkan tanpa hadirnya sebuah budaya tentunya mewujudkan daripada program –program tersebut tidaklah mudahdan tentunya tidak akan ada manfaat yang dirasakan oleh masyarakat.

Sehingga dengan adanya kedekatan antara pemerintah dengan pemangku-pemangku adat  dapat terjalin sebuah kerukunan ,keharmonisan, dan juga persatuan sehingga nya ada sebuah falsafah menuju Lampung Barat Hebat ”tegas Parosil”.

Oleh sebab itu Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengharapkan sebuah saran dan masukan agar lebih baik,sempurna kegiatan yang kita lakukan yang namanya festival skala brak ke V, masih banyak kekurangan-kekurangan daripada kegiatan ini yang tentunya ingin diwujudkan daripada jajaran kepanitiaan. Hippun adat ini mempunyai sebuah kedudukan yang sungguh tinggi,sungguh tinggi mempunyai pengertian apapun yang menjadi masukan,rekomendasi, catatan dari pada tokoh-tokoh adat ini akan menjadi sebuah pertimbangan bupati beserta staff nya untuk mengambil sebuah kebijakan.

Yang namanya adat istiadat ini merupakan perekat bangsa dan pemersatu bangsa . Perlu disampaikan adat istiadat adalah orang yang beradab artinya suka tidak suka ,sekarang ini sudah zaman milenial bahasa kerennya bahasanya juga sudah zaman digital , teknologi sudah sangat canggih kalau tidak di saring-saring oleh tokoh adat ini, memberi saran, memberi masukan, maka yakin kedepan adat istiadat ini akan mulai di tinggalkan oleh para generasi berikutnya ,” tutur parosil.

(Hestina Kominfo)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 626102
Pengunjung Hari Ini : 140
Kemarin : 809
Minggu Ini : 5560
Minggu Kemarin : 5197
Bulan Ini : 7330
Bulan Kemarin : 22169