• 0728-21345
  • 20 Jan 22 02:40 AM

Bupati Parosil Mabsus Membuka Secara Langsung PKPNU Angkatan III PCNU Lampung Barat

Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus membuka secara langsung Pendidikan Kader Penggerak Nahdhatul Ulama (PKPNU) Angkatan III yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lampung Barat, Jumat (3/12/2021)

Acara pengkaderan PKPNU ini dilaksanakan selama tiga hari tiga malam, mulai 3-5 Desember 2021, bertempat di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pondok Pesantren Roudlotus Sholihin, Pekon Gunung Terang, Kecamatan Air Hitam yang diikuti diikuti 270 peserta namun yang lolos verifikasi 220 orang.

Para peserta yang mengikuti PKPNU ini terdiri dari utusan berbagai elemen mulai dari Pengurus Cabang, Banom, Lembaga dan Pengurus Wakil cabang NU Kabupaten Lampung Barat, serta utusan lainnya.

Acara pengkaderan PKPNU ini dihadiri langsung Ketua PCNU Lampung Barat, Kh. Danang Harisuseno, Kepala Kementerian Agama Lampung Barat, Maryan Hasan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lampung Barat, Abdul Rosyid yang juga Ketua Panitia PKPNU, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Barat Abdul Ghoni, Camat Air Hitam Andy Chahyadi, Kapolsek Sumber Jaya, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotus Sholihin, Kh. Muhammad Toha, Fatayat dan Muslimat NU Lampung Barat, Instruktur Nasional Kh. Hudalloh Ridwan (Gus Huda), serta Instruktur yang telah ditugaskan oleh pengurus wilayah Lampung yakni, Kh. Muhyiddin Thohir selaku Koordinator PKPNU Wilayah Lampung, Kyai Afit Abrori (Gus Abror), Kyai Aqimusholah dan Kyai Iwanuddin

Selaku pembuka acara, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menyatakan rasa bahagia dan bangga karena dapat bersilaturrahmi langsung pada acara PKPNU tersebut.

"Saya sangat bahagia serta bangga karena bisa bersilaturahmi dalam pendidikan penggerak NU ketiga ini yang sangat dinanti dan ditunggu," ucapnya.

Selanjutnya parosil memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran NU dan PKPNU angkatan pertama dan kedua yang telah melahirkan calon kader PKPNU angkatan III ini.

"Besar harapannya di angkatan PKPNU ketiga ini dapat melahirkan kader di PKPNU keempat bisa lebih ramai lagi," harapnya.

Parosil menuturkan, jika NU merupakan organisasi besar yang didirikan oleh para alim ulama yang disegani.

"Karena NU ini sudah membuktikan dan sangat konsisten dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tuturnya.

"Hari ini kita membuktikan, NU sudah menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI," tambahnya.

Kemudian Parosil berpesan kepada para peserta maupun kader PPKNU agar tetap dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan.

"Jangan melihat kekurangan tetapi melihat kebersamaannya, agar kita tetap bersatu dalam tali persaudaraan yang erat," terusnya.

Parosil mengutarakan jika Ia bersama wakilnya Drs. Mad Hasnurin dapat mewujudkan Lampung Barta Hebat sesuai visi misinya Berkat dukungan Kyai dan para alim ulama NU.

"Berkat dukungan Kyai dan para alim ulama, saya dan pemerintah daerah Lampung Barat bisa mewujudkan 7 program unggulan dalam membangun Lampung Harat Hebat," paparnya.

Mengakhiri sambutannya, Parosil menyampaikan beberapa program unggulan terkait capaian 7 (pitu) program yang digalakkan bersama wakilnya Drs. Mad Hasnurin.

Sementara itu, Ketua PCNU Lampung Barat Kh. Danang Harisuseno mengatakan kegiatan tersebut sebagai gerakan dan gerbong besar Islam Moderat yang bertekad meneguhkan Islam di Nusantara dan untuk menginspirasi dunia, maka Nahdlatul Ulama terus memperkuat sistem kaderisasinya.

"Penguatan ini terutama menyangkut penyamaan visi dan persepsi tentang NU dan Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) di semua tingkatan kepengurusan," ungkapnya.

Danang juga menyatakan jika kaderisasi merupakan agenda terpenting bagi sebuah organisasi, karena dengan adanya kaderisasi yang terstruktur dan sistematis proses regenerasi bisa dilakukan dan organisasi akan bertahan dalam melintasi zaman.

"Kaderisasi ini akan menyiapkan kader yang memiliki tugas khusus yaitu memperkuat, mengamankan, mempertahankan dan mentransformasikan nilai-nilai perjuangan NU dalam menggerakkan warga dalam menjalankan kehidupan keagamaan, sosial, berbangsa, dan bernegara untuk tegaknya Islam Aswaja," paparnya.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melahirkan kader-kader tangguh NU, khususnya di PCNU Lampung Barat yang menyebarkan budi pekerti luhur yang diajarkan Islam. Hal itu merupakan langkah konkret untuk melahirkan kader kader NU yang berkualitas dan mampu memahami tata kelola organisasi dengan baik

Tujuan diselenggarakannya kegiatan PKPNU tersebut memiliki tujuan terarah, yaitu melahirkan kader yang memiliki akidah yang kokoh, memilik ideologi kuat serta orientasi gerakan yang jelas sehingga menjadi kader yang militan.

Kemudian kelahirkan kader yang memiliki jiwa kepemimpinan yang siap berkhidmah pada organisasi dan bangsa, menjadikan NU sebagai Organisasi yang besar kuat dan berpengaruh serta memimpin dalam semua bidang.

Selanjutnya memberikan wawasan pengetahuan yang mendalam tentang pemahaman Ahlusunnah Wal jama'ah Annahdiyah (Aswaja Annahdiyah) berupa keorganisasian, wawasan global, spiritual serta pengetahuan tentang maraknya bahaya radikalisme dan fundamentalisme.

"Terakhir, saya ingin meyampaikan tiga pesan untuk kita semua khususnya para peserta diklat. Tiga pesan yang harus ada pada jiwa kader PKPNU yakni kemauan, kemampuan dan meluangkan waktu," jelasnya.

"Mudah-mudahan dengan 3 komponen tersebut NU Lampung Barat bisa berkembang ke arah yang lebih maju dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat khususnya di Kabupaten Lampung Barat," tutupnya.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Menghadiri perencanaan gerakan pangan mandiri

Hari/Tanggal : Selasa... (17 November 2020)

Menghadiri acara HKN, Peresmian gedung PSC

Hari/Tanggal : Kamis... (12 November 2020)

Persentasi Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Pembukaan Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Menerima Time Audit BPK

... (02 November 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 1383180
Pengunjung Hari Ini : 129
Kemarin : 1487
Minggu Ini : 9288
Minggu Kemarin : 8498
Bulan Ini : 23848
Bulan Kemarin : 0