• 0728-21345
  • 27 Oct 21 05:27 AM

Bupati Lambar dan Pesbar Lakukan Rakor Penanganan Covid-19 Bersama Kapolres

Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus dan Bupati Pesisir Barat (Pesbar) DR. Drs. Hi. Agus Istiqlal, SH., MH. melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait penanganan penyebaran covid-19 serta percepatan vaksinasi di dua wilayah kabupaten tersebut bersama Kapores Lambar, AKBP Hadi Saeful Rahman yang berlangsung di ruang rapat Aula Rupatama Polres Lambar, Senin (27/9/2021).

Rakor itu turut dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar Edi Novial S.Kom., Dandim 0422/LB Letkol Czi. Benni Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Lambar diwakili Kasi Intelijen Atiek Ariyosa, SH., Anggota DPRD Pesbar, Kepala Dinas Kesehatan Lambar dan Pesbar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar, Kasat Pol PP Lambar dan Pesbar, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lambar-Pesbar.

Selaku kepala daerah, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus atas nama pemerintah ia mengapresiasi atas langkah konkrit yang dilakukan Polres Lambar dalam penanganan dan pencegahan covid-19.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat mengapresiasi langkah konkrit Polres Lambar terkait pelaksanaan penanganan vaksinasi covid-19 ini," ungkap Pak Cik, sapaan akrab bupati di bumi beguai jejama sai betik itu.

Terkait penanganan dan pencegahan covid-19, Parosil menerangkan jika antara Pemkab, TNI dan Polri telah berupaya sesuai kewenangan masing-masing.

"Kita sudah berupaya sesuai tindakan dan kewenangan masing masing, baik dari Pemkab, TNI, Polri dan juga backup dari ikatan profesi lainnya," terangnya.

Bicara vaksinator, mulai dari kelembagaan yang konteksnya pemerintah pekon, kecamatan dan dari unsur komunitas, Parosil menjelaskan bahwa telah siap. Akan tetapi, hal itu terkendala terkait keberadaan vaksin.

"Sehingga perlunya didiskusikan dan sinkronisasi keberadaan vaksin itu. Ini manfaatnya koordinasi untuk melakukan langkah cepat dan tanggap," jelasnya.

Mengenai pelaksanaan vaksin, Parosil meminta kepada penyelenggara agar pelaksanaan vaksinasi tidak hanya dilakukan di Puskesmas saja, akan tetapi dapat dilakukan di ruang terbuka.

"Alangkah indahnya jika vaksinasi dilakukan di tempat yang sejuk, seperti di tempat wisata, pasar atau lapangan tempatnya tidak mencekam seperti di Puskesmas, kalau di Puskesmas kesannya seperti berobat," katanya.

Dalam percepatan vaksinasi, Parosil meminta agar PPNI dan IBI segera mengagendakan pelaksanaan vaksinasi.

"Saya berharap Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) segera membuat agenda pelaksanaan vaksin," harapnya.

Selain itu, Parosil meminta para peratin/lurah yang ada di 131 dan 5 kelurahan yang ada di Lambar agar mendata masyarakatnya yang belum melakukan vaksinasi.

"Seluruh peratin segera data masyarakat di Pekonnya. Pekon mana yang tinggi belum vaksin, segera lapor. Lebih baik bahasanya dor to dor atau jemput bola," pintanya.

"Sekali lagi saya mengapresiasi yang dilakukan Kapolres Lampung Barat mengenai vaksinasi, mudah-mudahan ini dapat memantapkan strategi vaksin di lapangan. Kita berkolaborasi antara Pemda, TNI dan Polri, dengan kolaborasi yang kita lakukan mudah-mudahan pemerintah pusat melihat keseriusan kita dalam penanganan covid ini," tutupnya.

Sementara Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman mengatakan penanganan dan Pencegahan covid-19 di Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat dalam pelaksanaannya harus saling bersinergi.

"Rapat Koordinasi ini meminta tanggapan dari Bupati Lampung Barat, Bupati Pesiair Barat, Ketua DPRD dan Dandim terkait apa yang harus kita lakukan," katanya.

Kenapa harus sinergi, lanjut AKBP Hadi Saeful Rahman, karena pandemi covid-19 ini merupakan masalah kita semua, baik nasional maupun internasional, semua membicarakan tentang covid ini.

"Strategi apa yang harus kita pakai terkait penanganan covid ini, kita lihat bagaiamna penyebaran covid di Lambar dan Pesibar  memasuki zona kuning, tapi kita tidak boleh terlena," paparnya.

Ia berharap output penanganan covid-19 yakni tercapainya masyarakat sehat terbebas dari wabah yang berasal dari Wuhan Cina tersebut.

"Harapan output dari penanganan covid ini menjadikan situasi masyarakat sesuai yang diharapakan, yaitu tercapainya masyarakat sehat terbebas covid-19. Kita terbebas dari covid-19 menjadikan indonesi sehat, Indonesia maju," harapnya.

Usai melakukan Rakor, seluruh peserta Rakor melakukan Fun Shooting (Latihan Menembak) di Lapangan tembak Parama Satwika lingkungan Polres setempat yang dipimpin langsung Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Menghadiri perencanaan gerakan pangan mandiri

Hari/Tanggal : Selasa... (17 November 2020)

Menghadiri acara HKN, Peresmian gedung PSC

Hari/Tanggal : Kamis... (12 November 2020)

Persentasi Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Pembukaan Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Menerima Time Audit BPK

... (02 November 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 1234224
Pengunjung Hari Ini : 249
Kemarin : 2252
Minggu Ini : 15062
Minggu Kemarin : 15309
Bulan Ini : 59453
Bulan Kemarin : 68918