• 0728-21345
  • 13 Jul 20 21:35 PM

Bupati Lakukan Audiensi dengan pihak TNBBS terkait Pelaksanaan Program Kemitraan Konservasi

Selasa, (23/06/2020) - Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus melakukan Audiensi dengan pihak Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli lingkungan serta masyarakat petani kemitraan observasi, bertempat di Lamban Dinas Bupati. Dalam audiensi ini Bupati didampingi Kepala Balitbang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Bagian Sumber Daya Alam.

Audiensi yang dilakukan ini terkait dengan Penunjukan Gugus Tugas Multipihak Pelaksanaan Program Kemitraan Konservasi Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Wilayah Kabupaten Lampung Barat dan berdasarkan hasil Keputusan Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem Nomor: SK.3/KSDAE/KK/KSA.1/1/2020.

Berdasarkan hasil rapat Tim Gugus Tugas Multipihak Kemitraan Konservasi di Hotel Horison pada 4 Maret 2020 lalu, Prioritas Kemitraan Konservasi di wilayah TNBBS difokuskan pada aspek pemulihan di Zona/blok rehabilitas seluas 21.912 Ha (saat ini berupa areal tanaman kopi) yang berada di 31 pekon dan 1 kelurahan di 9 kecamatan dalam 4 wilayah resort yang menjadi wilayah kerja BPTN BBS wilayah Al Liwa/Resort Suoh. Sekincau, Lumbok dan Balik Bukit).

Hasil identifikasi dan inventarisasi yang dilakukan Pemda Lampung Barat bersama BPTNBBS Wilayah II Liwa tahun 2020 diperoleh data sementara calon mitra yang diusulkan yaitu Kecamatan Lumbok Seminung, Air Hitam, Gedung Surian, Balik Bukit dan Kecamatan Sekincau.

Sedangkan untuk 4 (empat) kecamatan yang masih mempersiapkan data calon kemitraan konservasi yaitu Kecamatan Batu Ketulis, Way Tenong, Suoh dan Bandar Negeri Suoh.

Melalui vidio record di sesi audiensi ini, Bupati menyampaikan dan berharap kepada Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Ir. Wiratno, M.Sc., agar kemitraan observasi yang sudah terjalin cukup lama ini kedepannya segera terealisasi dan memberikan kesejahteraan masyarakat yang itu berkat komitmen serta dukungan penuh dari Direktur Jendral (Dirjen) dan disetujui oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Beberapa bulan yang lalu MoU yang sudah ditandatangani terkait dengan kesiapan para petani yang hari ini akan memanfaatkan lahan yang ada di taman nasional bukit baris selatan, mudah-mudahan kemitraan observasi yang sudah terjalin cukup lama ini kedepannya segera terealisasi berkat komitmen dan dukungan penuh dari pak dirjen dan disetujui oleh ibu mentri,". Ucap Bupati.

Selanjutnya Bupati meminta agar masyarakat terlibat aktif dalam rangka menjaga kelestarian hutan, akan tetapi yang tak kalah pentingnya Bupati menekankan masyarakatnya diakui sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang pemerintah wajib memberikan kesejahteraan.

" Dengan kemitraan ini, agar mereka terlibat aktif dalam rangka menjaga kelestarian hutan, tetapi yang tidak kalah pentingnya masyarakatnya di akui sebagai Warga Negara Indonesia yang pemerintah wajib untuk memberikan kesejahteraan,". Tutupnya.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 628619
Pengunjung Hari Ini : 762
Kemarin : 588
Minggu Ini : 5883
Minggu Kemarin : 5733
Bulan Ini : 9847
Bulan Kemarin : 22169