Situs Pemerintah Kab.Lampung Barat

Switch to desktop Register Login

PANITIA BAHAS RENCANA PEMBENTUKAN PROVINSI BARU DI LAMPUNG

LIWA, 16/04 - Pembentukan Provinsi baru di Lampung bertujuan untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan dan mempercepat pembangunan pada masyarakat dienam Kabupaten seperti Kabupaten Lampung Utara, Waykanan, Tulangbawang, Tulang Bawang Barat, Mesuji, dan Lampung Barat. Dan untuk  mewujudkan pembentukan tersebut dilakukan berbagai persiapan salah satunya digelar pertemuan pembentukan panitia gabungan pemekaran provinsi Lampung tersebut yang berlangsung di Operation Room (OR) Pemkab Lambar selain dihadiri oleh Bupati Drs. Hi. Mukhlis Basri, Sekdakab Lambar Nirlan SH, Kepala Bappeda Lambar juga turut hadir  Ketua Panitia Gabungan Ir. Anshori Djausal, MT, Kepala Bappeda Lampung Utara Efendi selaku sekretaris Pemekaran Provinsi Lampung.


Dalam sambutannya Bupati menyampaikan Provinsi Lampung sudah cukup memenuhi persyaratan untuk bisa dimekarkan, dan untuk mewujudkan rencana pemekaran provinsi baru tersebut  telah dibuat  kesepakatan dari enam pemerintah kabupaten untuk menyokong penuh pembentukan provinsi baru yang digagas oleh Bupati Lampung Utara di Restoran Suki Bukit Randu, Bandarlampung, pada Jumat 25 Mei 2012 lalu yang mengacu pada ketentuan Undang-undang  Nomor 32 Tahun 2004 tentang  pemerintahan daerah dan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2008 tentang tata cara pembentukan, penghapusan, dan penggabungan Daerah.
 
 “Sejumlah provinsi pemekaran menunjukkan akselerasi pembangunan yang cepat. Antara lain Provinsi Kepulauan Riau dan Sulawesi Barat”, ungkapnya.

Dari beberapa daerah yang sudah memberikan dukungan penuh atas gagasan tersebut adalah Kabupaten Lampung Utara, Waykanan, Lampung Barat, dan Tulangbawang Barat. Kesepakatan ini tertuang dalam berita acara yang ditandatangani langsung oleh Bupati Lampura Zainal Abidin, Bupati Tulangbawang Abdulrachamn Sarbini, Bupati Waykanan Bustami Zainudin, Bupati Lambar Mukhlis Basri, dan Bupati Bachtiar Basri.
 
Menurutnya, untuk mewujudkan rencana pemekaran provinsi baru itu, pihaknya telah  melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat di enam kabupaten yang sudah menyatakan siap dengan rencana pembentukan provinsi baru tersebut,dan ditargetkan Oktober mendatang telah selesai, sehingga pada Bulan Desember sudah dapat diajukan ke meja Gubernur.
 
Sekedar diketahui, berdasarkan hasil pertemuan pembentukan panitia gabungan pemekaran provinsi Lampung  wakil ketua ditetapkan Asisten I mewakili Lampung Barat, Koordinator wilayah I ( kabupaten Lampung Barat) Pokja Administrasi yang ditangani oleh Bagian Pemerintahan Umum, Pokja Teknis oleh Bappeda, Pokja Fisik Kewilayahan oleh Bagian Hukum dan Organisasi Sekretariat Lambar.(MERTI)

 

 

 

© 2013 - 2014 www.lampungbaratkab.go.id

Top Desktop version