PT.  Chevron  Geothermal  Suoh  Sekincau  sebagai  pemegang  Izin  Usaha Pertambangan   Panas   Bumi   sesuai   Keputusan   Bupati   Lampung   Barat   Nomor: B/334/KPTS/II.11/2010 Tentang Pemberian Izin Usaha Pertambangan Panas Bumi atas Wilayah  Kerja  Pertambangan  Panas  Bumi  di  Wilayah  Suoh-Sekincau  Kabupaten Lampung Barat, telah melakukan Survei 3G (Geologi, Geofisika dan Geokimia) di dalam Wilayah Kerja Pertambangan Panas Bumi (WKP) Suoh Sekincau sebagai bagian dari kegiatan  tahap  Eksplorasi  Panas  Bumi.  PT. CGSS  juga  telah  ditunjuk  oleh  Bupati sebagai pelaksana Penelitian Potensi Panas Bumi pada wilayah yang terletak di antara Suoh dan Sekincau di dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), melalui Surat  Keputusan  Bupati  Lampung  Barat  nomor  B/601/KPTS/II.15/2011 tentang Penunjukkan PT. Chevron Geothermal Suoh Sekincau sebagai pelaksana Penelitian Potensi Panas Bumi Sekincau Suoh di Dalam dan di Luar Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Penelitian Potensi Panas Bumi ini merupakan Perjanian Kerjasama antara Balai Besar  Taman  Nasional  Bukit  Barisan  Selatan  (TNBBS)  dan  Pemerintah  Kabupaten Lampung  Barat  tentang  Pengembangan  Program  Penelitian  Potensi  Panas  Bumi Sekincau-Suoh di Dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Nomor: PKS 89/BBTNBBS-1/2009 dan nomor  549/01/PEMKAB-LB/II.11/2009 yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak pada tanggal 29 Januari 2009.

Kegiatan  Penelitian  Lapangan  berupa  survei 3G (Geofisika,  Geologi, dan Geokimia) mulai dilaksanakan pada tanggal 24 September 2011 setelah mendapat izin dari Balai Besar TNBBS sesuai dengan surat nomor S.902/BBTNBBS-1/2011, untuk kegiatan penelitian di dalam TNBBS berakhir pada tanggal 13 Desember 2011.
 
Sosialisasi  hasil  Penelitian  Potensi  Panas  Bumi  baik  di  dalam  WKP  Suoh Sekincau  atau  di  wilayah  antara  Suoh  dan  Sekincau  di  dalam  TNBBS  telah dilaksanakan di  Bandar  Lampung  pada  tanggal  6-7  Juni  2012  yang  dihadiri  oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan Balai Besar TNBBS. Dari hasil survei 3G atau penelitian potensi panas bumi diperkirakan potensi panas bumi di dalam WKP Suoh Sekincau sebesar  62 MW dan di wilayah antara Suoh dan Sekincau di dalam TNBBS adalah sebesar 491 MW.

WKP Suoh Sekincau terletak di Provinsi Lampung di Sumatera Bagian Selatan dan mencakup luas wilayah sekitar 32.000 hektar. WKP Suoh Sekincau dipisahkan oleh Taman  Nasional  Bukit  Barisan  Selatan (TNBBS)  dan  batas-batas  WKP  mengikuti perbatasan Taman Nasional. Daerah ini dapat dicapai dari Bandar Lampung dengan mobil sekitar  6 jam perjalanan menuju Sekincau dan tambahan  3 jam menuju Suoh (Gambar  1). Kedua lapangan Suoh dan Sekincau memiliki daerah manifestasi panas yang menjadi fokus bagi upaya eksplorasi. Sebagian besar daerah manifestasi panas berada di luar WKP dan di dalam TNBBS. Oleh karena itu studi ilmiah diperluas hingga ke dalam TNBBS hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran penuh tentang potensi panas bumi yang tidak hanya terfokus pada potensi yang ada di dalam WKP, tetapi juga akan memberikan wawasan tentang potensi di dalam TNBBS.

WKP Suoh Sekincau terletak di Sesar Utama Sumatera, dibagian ujung sebelah Selatan Pulau Sumatera. Sesar Sumatra adalah sesar geser menganan berskala besar, berarah Barat Laut-Tenggara yang merupakan hasil penunjaman miring lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia di palung Sumatera-Sunda (Gambar 6). Penunjaman ini juga menyebabkan busur gunung api di Pulau Sumatera dengan arah yang sama dengan Sesar Sumatera. Umumnya prospek panas bumi di Sumatera dapat dijumpai mengikuti arah ini. Salah satu prospek yang paling dekat adalah Ulubelu yang merupakan lapangan panas bumi liquid dominated yang dikembangkan oleh Pertamina Geothermal (PGE) (Gambar 7).

Suoh terletak di cekungan pull apart yang dihasilkan dari perpindahan segmen Sesar Sumatera dengan arah jurus Barat Laut. Sekincau terletak di Gunung Sekincau yang merupakan quaternary stratovolcano yang berada di Timur dari Sesar Sumatera (Gambar 7).

Berdasarkan  hasil  penelitian  potensi  panas  bumi  yang  telah  dilaksanakan, diperkirakan bahwa di dalam batas-batas WKP ada total sekitar 62 MW potensi Panas Bumi dengan temperatur tinggi (>240 ºC). Sebagian besar potensi Panas Bumi terletak di wilayah antara Suoh dan Sekincau di dalam TNBBS sebesar  491 MW. Perkiraan besarnya sumber daya Panas Bumi yang bertemperatur tinggi (>240 ºC) adalah sebagai berikut:

Sekincau Timur - Becingut        : Cadangan    229 MW
Sekincau Timur - Belirang : Cadangan     76  MW
Sekincau Timur - Kawah Putih : Cadangan      60 MW
Sekincau Barat : Cadangan      66 MW
Total :                    431 MW



Agenda Kegiatan

Rabu, 24 Des 2014
Acara :

- Berita Acara dan Rekomendasi Persetujuan Penyerahan Barang dan Hutang Piutang Kepada

Kabupaten Pesisir Barat

Tempat :

Ruang Sidang DPRD Kab. Lambar

Waktu :

09.00 WIB

 

Selasa, 23 Des 2014
Acara : Rapat Kerja Tingkat Panitia Khusus DPRD Kab. Lampung Barat dengan tim Legislasi Pemerintah

Daerah Pembahasan Penyerahan Barang dan Hutang Piutang Kepada Kab.Pesisir Barat

Tempat :

: Ruang Sidang DPRD Kab. Lambar

Waktu :

09.00 WIB

 

Rabu, 17 Des 2014
Acara : Rapat Kerja Tingkat Panitia Khusus DPRD Kab. Lampung Barat dengan tim Legislasi Pemerintah

Daerah Pembahasan Penyerahan Barang dan Hutang Piutang Kepada Kab.Pesisir Barat

Tempat :

: Ruang Sidang DPRD Kab. Lambar

Waktu :

09.00 WIB

 

kamis, 1 Jan 2015
Acara : hari libur bersama
Tempat :

:rumah masing-masing

Waktu :

terserah

 

Selasa, 16 Des 2014
Acara :  
Tempat :

Ruang Sidang DPRD Kab. Lambar

Waktu :

09.00 WIB

 

1.png0.png0.png6.png5.png
Today1
Yesterday232
This week1279
This month4536
Total10065

Go to top