23 Jul 18 14:32 PM

Studi banding kedaerah yang lebih maju, DPRD Lambar upayakan peningkatan pembangunan

LampungBarat - Upaya untuk mensejajarkan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dengan kabupaten lain di Provinsi Lampung terus digiatkan oleh Pemerintah Kebupaten Lambar baik melalui Eksekuti maupun Legislatif

DPRD Lambar dalam mewujutkan peningkatan pembangunan di daerah setempat yaitu dengan melakukan sudi banding ke Kabupaten Bogor yang terkenal dengan keberhasilannya di sejumlah bidang tersebut pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan pariwisata.

Melihat keberhasilan dari Kabupaten Bogor yang banyak memiliki kesamaan dengan Kabupaten Lambar seperti banyaknya sungai dan pegunungan dennga topografi sebagian besar daratan bergelombang, serta beriklik tropis basah membuat komisi I, II dan III DPRD Lambar memutuskan untuk mengunjungi kabupaten Bogor.

Berdasarkan hasil Kunjungan Kerja yang dilakukan oleh Tiga Komisi yang ada di DPRD Lambar ke Pemerintah Kabupaten Bogor tersebut dihasilkan bahwa, Kabupaten Lambar ternyata memiliki banyak kesamaan dengan Kabupaten Bogor baik dari kultur budaya iklik cuaca dan potensi - potensi yang ada.

Kekayaan alam yang ada di wilayah Kabupaten Bogor telah menjadi keunggulan komparatif selama ini dan ini sangat menopang sekali untuk membiayai berbagai program pembangunan yang dilaksanakan di daerah setempat, dan hal ini sangat mungkin untuk dilakukan di Kabupaten Lambar mengingat Kabupaten Lambar juga memiliki potensi yang sama utamanya dibidang Sumber Daya Alam dan pariwisata.

Salah satu contoh Sumber Daya Alam Lambar yang belum tergali hingga saat ini namun sudah dimanfaatkan sejak dahulu yaitu daerah resapan air bagi hampir sebagian kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Namun demikian hingga kini kontribusi dari sejumlah daerah tersebut terhadap Lambar belum ada.
Selain potensi sumberdaya alam, Lambar juga memiliki kesamaan dengan Kabupaten Bogor dalam hal Pariwisata, seperti Kebun Raya Liwa, wisata lumbok seminung, letusan suoh, hutan vinus sumber jaya dan sejumlah keindahan alam lainnya. Namun bedanya jika di Kabupaten Bogor sumber daya alam dan potensi wisata yang ada sudah dikelola dengan baik dan menghasilkan PAD bagi daerah setempat sedangkan di Lampung Barat potensi yang ada tersebut belum dikelola secara maksimal sehingga belum mampu menyumbangkan PAD bagi daerah.

Untuk itu berdasarkan hasil studi banding yang dilakukan oleh ke Tiga Komisi yang ada di DPRD Lambar tersebut, masing-masing komisi akan menggelar hearing dengan mitra kerja guna membahas hasil studi banding yang dilakukan ke Kabupaten Bogor itu guna memberikan masukan dan trobosan agar potensi yang ada di Lampung Barat dapat dikelola dengan baik seperti halnya di daerah Bogor.