22 Aug 18 15:04 PM

Rangkaian Kegiatan Festival Kopi Lampung Barat 2018

Rangkaian kegiatan Festival Kopi Lampung Barat 2018 akan dilaksanakan selama tiga hari, 21-23 Juli 2018. Kadis Perkebunan dan Peternakan, Tri Umaryani mengatakan, Rangkaian acara pada hari pertama berupa kegiatannya Opening Ceremony, Seminar, Gala Dinner, Bazar Kopi, Pasar Rakyat, Pertunjukan Seni dan Live Musik. Pada hari kedua, Panen Raya, Launching Kampung Kopi, Barista Competition, Lomba Lukis Ampas Kopi, dan dihari ketiga, Klinik Kopi dan Closing Ceremony.

Lebih lanjut dijelaskan, rangkaian tersebut meliputi seminar mengenai tantangan dan juga peluang bagi pelaku usaha kopi, baik petani maupun pengusaha robusta dalam mengembangkan kopi robusta kedepan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat .

Pada acara Gala Dinner meliputi Bazar Kopi berupa pameran yang melibatkan seluruh pengusaha, petani, daerah penghasil kopi se-Indonesia serta stakeholder kopi lainnya yang akan menampilkan produk kopi, kreasi kopi dalam berbagai jenis olahan dan turunan serta produk mesin dan perlengkapannya”.

Rangkaian acara Festival Kopi juga akan dimeriahkan dengan acara Pasar Rakyat dengan agenda kegiatan Pasar Rakyat, Gelar Jajanan Jadul, Layar Tancap, Wahana Permainan Anak dan  Lampion Terbang. Kemudian dilanjutkan kegiatan Launching Kampung Kopi (Coffee Land Rigis jaya).

Selain itu juga ada kegiatan Panen Raya kopi Lampung Barat yang terkenal sebagai penghasil kopi terbesar khususnya Kopi Robusta. Harapannya dengan adanya Panen Raya Robusta, Lampung Barat bisa secara langsung mengajak Wisatawan untuk terjun langsung memetik hasil panen kopi masyarakat dikebun kopi.

Terakhir Klinik Kopi ini adalah Pelatihan yang akan di mentori oleh team dari Coffeelab 5758, Viva Barista, Rumah Ranin dan KPKL khususnya Tentang Cara Pengolahan Kopi Yang Baik Dan Benar Serta Pelatihan Tentang Cara Penyeduhan Kopi Edukasi atau pelatihan ini dikhususkan kepada Petani Kopi, Pelaku Usaha kopi dan masyarakat umum khususnya penikmat kopi. (Kominfo)