22 Aug 18 15:00 PM

PKK Airhitam Juara I

BALIKBUKIT - ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil membuka secara resmi kegiatan lomba kader PKK pekon dan lomba kader posyandu tingkat Kabupaten Lambar di Aula PKK Komplek Pemkab Rabu (11/7).

Partinia Parosil dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan lomba kader PKK yang diselenggarakan setiap tahun, selain bertujuan untuk memberikan motivasi dan mendorong semangat para kader PKK deesa atau kelurahan agar dapat melaksanakan tugas dan pengabdiannya, juga dimaksudkan untuk mengevaluasi tentang sejauh mana penguasaan dan pemahaman para kader tentang tugas maupun program Pekon PKK yang harus dilaksanakan.

"Melalui lomba-lomba seperti ini ktia juga dapat mengambil manfaatnya sbagai ajang mengasah kemampuan dan pengalaman untuk menghadapi berbagai event lainnya seperti dalam lomba-lomba kader dalam kegiatan jambore PKK baik ditingkat daerah maupun tingkat nasional. Dimana dalam kegiatan tersebut pada kader yang berkualitas dan berprestasi berkemungkinan besar akan diikutsertakan dalam kegiatan tersebut,"ujarnya.

Ajang ini juga, kata dia, hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai ajang silahturahmi antara para kader PKK, saling bertukar pengalaman, keterampilan, dan kemampuan sebagai bekal menjalankan tugas dan pengabdian ditempat masing-masing."

Pada lomba ini tentu akan terpilih para kader yang terbaik sebagai juara, walaupun demikian sesungguhnya peserta yang mengikuti lomba ini adalah "Para Juara" karena semua peserta lomba sudah tentu memenuhi persyaratan yang cukup ketat baik dari segi lamanya pengabdian dan dari berbagai piagam penghargaan yang diterima, hal itu sudah menunjukan kualitas juara",imbuhnya.

Ia mengatakan, hadiah dan penghargaan yang akan diberikan pada lomba ini mungkin tidak sebading dengan jerih payah para kader di dalam pengabdiannya namun dirinya berharap penghargaan yang diberikan adalah seabgai ungkapan tanda terima kasih dari TP PKK Kabupaten Lampung Barat atas pengabdian yang tulus dari para kader PKK.

Sementara itu, dalam laporannya Wakil Ketua 2 TP PKK Lambar Irma Akmal mengungkapkan, tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk mendorong atau memotivasi para kader PKK Pekon dan kader posyandu untuk dapat meningkatkan partisi-pasinya dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada keluarga dan masyarkat.

Dan tugas khususnya adalah meningkatkan daya guna dan hasil guna dalam pelaksanaan 10 program pkok PKK, baik sebagai kader umum maupun kader khusus, dan meningkatkan jumlah kualitas kader umum maupun kader khusus yang dapat dijadikan sebagai panutan bagi kader PKK yang ada di daerah masing-masing.

"Peserta lomba terdiri dari utusan tim penggerak PKK Kecamanta, sebanyak 2 orang yang sudah diseleksi di daerah masing-masing sehingga jumlah keseluruhannya 30 orang,"tutupnya.

Untuk diketahui pemenang lomba kader PKK Pekon, juara I diraih oleh Sumyani TP PKK Kecamatan Air hitam (nilai 822), juara II diraih Mayang Anggraini TP PKK Kecamatan Sukau (nilai 649), juara III diraih Yenni dari TP PKK Kecamatan Waytenong (nilai 545).

Kemudian lomba kader posyandu juara I diraih Novi Robiatul Adawiyah dari TP PKK Kecamatan Air hitam (nilai 285), juara II Elyana dari TP PKK Kecamatan Balik Bukit (nilai 280), serta juara III Minati Erzelina dari TP PKK Kecamatan Sekincau (nilai 250).