• 0728-21345
  • 15 Dec 18 20:28 PM

Launcing Kabupaten Tangguh Bencana Dan Pengukuhan Kabupaten Konservasi

Selasa/09/10/2018 - Dalam rangka Launcing Kabupaten Tangguh Bencana Dan Pengukuhan Kabupaten Konservasi.  Acara tersebut dilaksakan di Pekon Sumber Agung Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat yang dihadiri  oleh bupati Lampung Barat Bapak  Parosil Mabsus, beserta Ibu, wakil bupati Drs. Mad Hanurin, bersta Ibu, Ketua DPRD Lampung Barat beserta anggota DPRD, Bapak Porkopinda Dandim 0422 yang di wakili oleh Bapak Kasdim  Kabupaten Lampung Barat beserta anggota, Bapak Kapolres yang diwakili oleh Bapak Kapolsek, Derekur pengurangan resiko bencana (BNPB) RI Bapak Raditia Jati, Kepala Kementrian Agama Lampung Barat, Sekertaris Daerah, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD, Camat, Peratin, Satgas Bencana, PMI, PPMI, Ikatan Bidan Indonesia, Pramuka, dan seluruh masyarakat kecamatan Suoh.

Dalam kesempatan tersebut bupati Lampung Barat menyampaikan bahwa, dalam acara tersebut Bapak bupati menyampaikan dua agenda yang yaitu Kabupaten tangguh bencana dan yang kedua adalah Pengukuhan kabupaten  Lampung Barat sebagai kabupaten konservasi.

Selanjutnya, Bapak bupati Lampung Barat menyampikan bahwa dari kedua agande tersebut telah lama dipikirkan dan di rencanakan dan pada hari ini baru dapat di realisasikan. Hal ini merupakan bentuk  keseriusan dari pemerintah daerah untuk menjadikan kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten tangguh bencana sekaligus sebagai kabupaten konservasi. Hal ini bukan berarti kita menjadikan kabupaten Lampung Barat ini karena baru kejadian yang ada di Sulawesi Tengah tepatnya dikabupaten Donggala dan Palu.

Perlu kita ketahui bahwa bencana ataupun musibah sulit kita prediksi meskipun terdapat lembaga BMKG. Dareah Lampung Barat sendiri merupakan daerah yang rawan bencana, dikarenakan Lampung Barat dikelilingi oleh gunung, dan Lampung barat merupakan daerah yang sering terjadi gempa. Pada tahun 1930 pernah terjadi gempa dahsyat setelah itu terjadi lagi gempa pada tahun 1994.

Adanya kabupaten tangguh bencana ini terdapat sebuah edukasi yang kita berikan kepada masyarakat terkait dengan suatu musibah dan langkah-langkah seperti apa yang harus di lakukan oleh masyarakat disaat terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Edukasi sendidi bukan hanya tanggung jawab penanggulangan bencana daerah akan tetapi semua OPD memiliki tanggung jawab.

Berikutnya, apa yang kita lakukan hari ini merupakan langkah yang memang harus kita lakukan sebab musibah itu kapanpun dapat terjadi, tidak bisa bencan itu adalah takdir. Kita sebagai manusia perlu memiliki upaya yang nyata.

Seterusnya, kenapa kita sinergikan antara kabupaten tangguh bencana dan pengukuhan kabupaten konservasi, tujuannya adalah kita memiliki kepedulian terhadap lingkungan, karena adanya kecintaan lingkungan mudah-mudahan alam semakin bersahabat dengan kita sehingga musibah akan semakin jauh dan kita terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. “Ujarnya”

Harapan Bapak Bupati bahwa,  dengan adanya kegiatan ini merupakan sebuah wujud implikasi nyata bahwa kabupaten Lampung Barat ini serius menjadikan kabupaten tangguh bencana dan kabupaten konservasi. Kita tahu bahwa Lampung barat merupakan derah yang rewan bencana kewajiban kita untuk saling mengingatkan sebab bencana tidk bisa kita anggap sepele. Pemerinta Lampung Barat juga mengharapkan dukungan dari pihak pemrintah pusat dalam rangka mewutkan  kabupaten tangguh bencana dan pengukuhan kabupaten konservasi. “Tutupnya”

 

(Nunun Gempita/ Rian Ariska)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Rapat Forkompinda

Acara Rapat Forkompinda Kabupaten Lampung Barat Tempat  :... (30 November 2018)

Peresmian BBM 1 Harga

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : SPBKB Way... (11 Mei 2018)

Apel Gelar Pasukan

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan... (11 Mei 2018)

Senam Sehat

Hari dan Tanggal : Jumat, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan Pemkab... (11 Mei 2018)

Pengajian Tahunan

Hari dan Tanggal : Rabu, 09 Mei 2018 Tempat : Kebun... (09 Mei 2018)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...