23 Jul 18 14:30 PM

Lampung Barat Tampil Memukau di FOTTN Jambi

Atlet olahraga yang dikirim oleh pemerintah Kabupaten Lampung Barat, tampil memukau pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (FOTTN) yang ke-XI yang diselenggarakan di Provinsi Jambi sejak Jumat-Senin (6-9/7/2018), yang juga diharapkan mampu mengharumkan nama Bumi Beguai Jejama Sai Betik di kancah nasional.

Kabid Olahraga Andi Indrawara, S.Sos., mendampingi kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Indra Kesuma, S.Sos.,  yang turut mendampingi para atlet yang dikirim mengatakan, pihaknya telah tampil maksimal dan cukup menyedot perhatian penonton dalam FOTTN tersebut.

”Alhamdulillah, atlet yang kami bawa bisa tampil dengan maksimal, sehingga diharapkan pulangnya nanti membawa prestasi, karena festival ini merupakan lomba yang diikuti oleh perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia,” ungkap Andi dikonfirmasi via phonselnya Minggu (8/7-2018).

 Dikatakannya, keikutsertaan Lambar pada FOTTN tahun ini mengusung sebuah olahraga tradisional yang bernama “Gekhubak Takkung” besutan Indra Tamara, S.Sos., tersebut merupakan olahraga permainan rakyat yang sangat digemari masyarakat  Lampung khususnya di Lambar.
 
Dijelaskannya Gekhubak yang artinya gerobak dan Takkung merupakan yeyuh atau sampah dari pelepah pohon pinang  yang biasanya ditemukan berserakan diantara tanaman batang atau pohon kopi yang juga tumbuh di sekitar halaman rumah atau kebun.
 
”Gekhubak Takkung biasanya dimainkan disela-sela mengisi waktu senggang sebagai hiburan menjelang sore hari guna melepas lelah setelah bekerja merawat dan membersihkan rumput,  sampah-sampah di sekitar halaman rumah atau kebun, mereka mengumpulkan takkung sebelum sampah takkung tersebut dibuang atau dibakar pada tempatnya,”  ungkap Andi. (nopri/lusi)