20 Jun 18 08:32 AM

Ingat Sehat, Ingat Olahraga

 

Lambar, Jumat, 4 Mei 2018. Setiap seminggu sekali pemkab lampung barat melaksanakan senam, senam tersebut dilaksanakan di lapangan pemkab Lampung Barat. Senam adalah termasuk olahraga yang dapat menyehatkan badan oleh sebab itu kita harus antusias dalam melaksanakan senam yang di adakan tiap hari jumat ini. Seperti yang disebut dalam pepatah Latin "men sana in corpore sano" atau pikiran yang sehat ada di dalam tubuh yang sehat.

Secara umum pengertian olahraga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang setelah olahraga. “Olahraga” datang dari bhs Perancis Kuno desport yang bermakna “kesenangan”, serta pengertian berbahasa Inggris tertua ditemukan seputar th. 1300 yakni “segala hal yang mengasyikkan serta menghibur untuk manusia”. Olahraga adalah kesibukan yang benar-benar utama untuk menjaga kesehatan seorang. Olahraga juga adalah satu diantara cara utama untuk mereduksi stress. Olahraga juga adalah satu tingkah laku aktif yang menggiatkan metabolisme serta memengaruhi manfaat kelenjar didalam badan untuk menghasilkan system kekebalan badan dalam usaha menjaga badan dari masalah penyakit dan stress. Oleh karenanya, benar-benar disarankan pada tiap-tiap orang untuk lakukan aktivitas olahraga dengan cara teratur serta tersetruktur dengan baik.

Pergerakan yang serbacepat di masa kini berdampak pada keinginan setiap orang untuk kian cepat pula meraih hasil dari apa yang dikerjakannya. Tapi ketika sedang melakukannya, kita lupa bahwa segala tujuan itu hanya bisa dicapai dengan tubuh dan pikiran yang sehat. Bila kondisi kesehatan fisik dan mental saling mendukung, maka produktivitas pun bisa semakin tinggi. Berikut adalah alasan kenapa kita harus memiliki pikiran dan jiwa yang jernih agar bisa melakukan yang terbaik, seperti dilansir India Times.

  1. Berkonsentrasi pada tujuan dengan jernih
    Ketika terlibat dalam aktivitas fisik seperti berlari atau berolahraga, pikiran akan lebih rileks dan lebih segar. Saat kembali bekerja setelah berolahraga, kita bisa berkonsentrasi pada pekerjaan dengan pikiran yang lebih fokus tanpa teralihkan atau stres.
  2. Memiliki energi lebih untuk mencapai mimpi
    Satu-satunya hal yang bisa menghentikan kita meraih mimpi adalah rasa lelah dan malas. Jadi, saat merasa aktif dan bugar, kita tak akan kehabisan tenaga dalam mengejar impian. Kita bisa memotivasi diri untuk melakukan apa yang dibisikkan hati dan mencapai tujuan.
  3. Pikiran lebih segar, lebih produktif
    Setiap hari kita melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun dan tentu saja hal itu membuat bosan. Seperti ponsel yang baterainya perlu diisi ulang, kita juga perlu mengisi ulang "baterai" dengan berbagai kegiatan fisik karena akan membuat lebih produktif dan kreatif, sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.
  4. Berpikir positif
    Dengan berolahraga, kadar hormon dopamin pun meningkat dan otomatis kita merasa hidup lebih bahagia dan positif. Cara pandang terhadap hal negatif sekalipun, seperti bos yang menyebalkan, akan berubah.
  5. Lebih kreatif
    Betapapun beratnya pekerjaan, kita akan mampu menyelesaikannya dengan baik bila fisik menunjang. Dengan membuat tubuh selalu aktif, kita pun akan menjadi lebih kreatif dan bahkan siap bekerja lembur.
  6. Lebih percaya diri
    Inilah bagian yang terbaik. Memiliki tubuh yang sehat akan membuat kita semakin percaya diri. Ketika sehat jasmani, pikiran mengalir dan membuat kita lebih percaya diri dalam mengendalikan setiap aspek kehidupan. Intinya, bila tubuh sehat, kita bisa melihat versi terbaik dari setiap aspek kehidupan.

Maka dari itu jangan pernah malas untuk berolah raga. Ingat Sehat ingat olahraga

(Hestina Kominfo)